Salam...

Selamat datang di blog saya, yang merupakan tempat untuk saling tukar menukar informasi seputar ilmu komputer, perkembangan dunia IT, materi perkuliahan, penelitian, seminar, dan hal-hal yang dianggap penting dalam pendidikan. Selamat belajar dan sukses salalu.

Kamis, 17 Maret 2011

Visual Manufacturing Enterprise Resource Planning

tanya jawab seputar Enterprise Resource Planning

1.     Apa alasan banyak perusahaan melirik solusi permasalahannya kepada teknologi sistem informasi yang dikenal dengan nama Enterprise Resource Planning (ERP)?
Jawab :
ERP dianggap sebagai alat bantu yang sangat powerful untuk membuat perusahaan memiliki daya saing yang tinggi. 

2.     Berikan contoh keuntungan menggunakan Enterprise Resource Planning (ERP)?
Jawab :
Contoh keuntungan menggunakan ERP: Meskipun teknologi tradisional –seperti MPS dan MRP– tetap digunakan, kompetisi pasar saat ini mengharuskan perusahaan untuk mengadopsi prinsip-prinsip lean manufacturing dalam usaha mengurangi inventory, memperpendek lead time, dan meningkatkan on-time delivery. Teknologi ERP generasi terbaru telah menanamkan prinsip lean manufacturing dalam programnya, sehingga mengadopsi ERP berarti juga mengimplementasikan lean manufacturing. 

3. Jelaskan pernyataan bahwa dengan ERP juga membawa dampak cost efficiency yang s  signifikan?
Jawab :
ERP juga membawa dampak cost efficiency yang signifikan dengan adanya integrasi dan monitoring yang berkelanjutan terhadap performance organisasi. 
1.    Sebutkan ciri-ciri utama dari piranti lunak (software) ERP?

Jawab:
integrasi seluruh proses bisnis, best practice, solusi modular, dan client-server setting. Keunggulannya, produk yang mereka tawarkan lebih ekonomis sehingga bisa menarik perusahaan kelas menengah yang ingin mengimplementasi ERP.

2.      Manufacturing Window merupakan jendela bagi pengguna untuk membuat?
Jawab :
-       Engineering Master – untuk keperluan pembuatan produk baru,
-       Work Order – untuk membuat pesanan dari konsumen dan melakukan review 
     proyek, dan 
-       Quote Master – untuk melakukan estimasi biaya dan penawaran ke konsumen.

3.   Infor VISUAL menyediakan fungsi Concurrent Scheduler untuk keperluan penjadwalan produksi. Sebutkan fungsi dari Concurrent Scheduler?
Jawab : 
mampu menjadwalkan material dan sumber daya yang lain (operator, unit kerja) secara simultan. Dengan penjadwalan simultan sedemikian rupa, dapat dipastikan bahwa SDM tersedia pada saat material tersedia.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar